Yuria Kasmita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Karena Engkau Kucinta Buku (Tantangan Hari Ke-3 #TantanganGurusiana)

Karena Engkau Kucinta Buku (Tantangan Hari Ke-3 #TantanganGurusiana)

Salah satu hobiku membaca. Kesenanganku membaca sudah di mulai sejak aku masih di Sekolah Dasar. Bermula dari kebiasaan bapak yang sering meminjamkan buku cerita anak-anak di kantornya. Bapak adalah PNS di Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan kala itu.

Bapak tidak pernah memaksa kami untuk membaca buku-buku yang di bawanya tersebut. Bapak hanya akan memperlihatkan buku-buku tersebut kepada kami, dan mengatakan, "Bapak bawakan buku cerita yang bagus untuk kalian."

Mendengar bahwa buku ceritanya bagus, aku menjadi antusias untuk membaca buku-buku tersebut. Lama kelamaan aku menjadi senang membaca buku-buku yang di bawa bapak. Tidak ada keterpaksaan saat membaca dan aku benar-benar menikmati kegiatan tersebut. Kemudian bapak akan meminjamkan buku-buku lainnya setelah mengembalikan buku yang sudah kubawa.

Setelah itu, aku menjadi 'candu' dengan buku. Aku merasa buku yang dibawa bapak terlalu sedikit. Akhirnya aku mulai mencari buku bacaan di perpustakaan sekolah. Tetapi koleksi buku cerita di sana sangatlah terbatas. Kemudian aku pun mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan daerah. Kebetulan perpustakaan daerah tersebut terletak di samping kantor bapak. Sehingga setiap selesai membaca atau meminjam buku di perpustakaan daerah, aku akan mampir ke kantor bapak minta di traktir makan pangsit yang ada di depan kantor beliau, ha.he.

Selain itu aku juga beruntung karena ada temanku yang mengoleksi banyak buku cerita. Dan dengan senang hati dia akan meminjamkan buku-bukunya tersebut. Terkadang kami membaca bersama di rumahnya. Dari sinilah kebiasaan membaca tumbuh. Semakin bertambah umur, maka semakin bervariasi jenis buku dan bahan bacaan yang kubaca.

Dari pengalamanku tersebut, aku berkesimpulan bahwa kita dapat menumbuhkan rasa cinta membaca kepada anak-anak sejak kecil. Dan orangtua mempunyai peran yang sangat penting untuk hal tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bu...salam literasi

21 Jan
Balas

Terimakasih sudah mampir buk, salam literasi kembali

21 Jan

Tulisan Bu Yuria kini sudah semakin bagus. Penulisannya pun sudah minim kesalahan. Hanya ada 3 kata yang penulisannya masih belum benar, yakni kata "di mulai", "di bawa", dan "di traktir". Seharusnya 3 kata tersebut ditulis "dimulai", "dibawa", dan "ditraktir". Mengapa? Karena "di" pada 3 kata tersebut bukan merupakan kata depan melainkan awalan sehingga penulisannya harus serangkai dengan kata berikutnya. Teruslah berkarya, semoga sukses.

21 Jan
Balas

Terimakasih pak Edi untuk ilmunya, jangan bosan memberikan kritik dan masukan untuk saya ya pak...

23 Jan

Keren bu

21 Jan
Balas

Terimakasih buk, sudah mampir

21 Jan



search

New Post